NU Demak Inisiasi Dirikan Perguruan Tinggi NU Di Demak

Setelah sukses mengelola Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU), kini kalangan tokoh masyarakat, akademisi, profesional, aktivis, pengusaha NU Kabupaten Demak, Jawa Tengah sedang merencanakan mendirikan perguruan tinggi. Program yang sempat menghilang beberapa lama, kini digaungkan kembali untuk segera direalisasikan.

Direktur Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak H Abdul Aziz mengatakan, gagasan untuk menghadirkan PTNU di Demak merupakan cita-cita yang sudah sejak lama, namun selalu kandas pada saat akan direalisasikan karena menghadapi berbagai kendala.

“Kini para intelektual dan aktivis NU Demak dengan berbagai latar belakang kompetensi yang beragam akan kembali memulai lagi. RSINU Demak sebatas memfasilitasi dan mempertemukan para inisiatornya di aula rumah sakit saja,” ujar dokter Azis di Demak, Rabu (19/12).
Menurutnya, dalam pertemuan yang agendanya dikemas dalam acara Inisiasi Pendirian PTNU, hadir 75 orang tokoh NU dengan berbagai latar belakang.

“Banyak gagasan yang muncul dalam acara ini, mulai dari program studi, bentuk PTNU, fisibility study yang harus disiapkan, penyiapan tenaga pengajar, rekrutmen mahasiswa, penyiapan lahan, dan lain-lain,” ujarnya.

Dia menuturkan, dipilihnya NU sebagai pengelola langsung PTNU Demak ini karena belajar dari pengalaman yang sudah terjadi di masa lalu, banyak lembaga-lembaga yang mengusung simbul NU, namun legalitasnya menggunakan badan hukum yayasan, di kemudian hari muncul problem kepemilikan ketika terjadi peralihan pengelolanya.

Oleh karena itu, tutur Azis, dengan ditetapkannya NU secara kelembagaan sebagai badan penyelenggara PTNU Demak yang akan didirikan, kelak di kemudian hari tidak akan muncul problem legalitas saat terjadi estafet atau regenerasi pengurus, karena acuannya jelas, menggunakan sistem yang ada di NU.

Wakil Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Sakdullah mengatakan, gagasan dari warga NU yang diinisiasi dan difasilitasi RSINU Demak ini, segera ditindaklanjuti dan dibawa ke forum rapat pleno lengkap PCNU Demak mendatang. (Samsul/Muiz)

Sumber : NU Online

Bagikan info ini via :

Tinggalkan Komentar