Kades Tlogopandogan Dinyatakan Langgar Hukum, Karena Tak Kunjung Lantik Perangkat Desa

Dua calon Perangkat Desa Tlogopandogan, Kecamatan Gajah, kembali memenangkan gugatan terhadap kepala desanya.

Pada Kamis, (24/1/2019) lalu, Pengadilan Negeri (PN) Demak telah menjatuhkan putusan.

Tahun lalu mereka juga memenangkan gugatan di PTUN Semarang atas kasus yang sama. Keduanya adalah Zulaikah (calon Sekretaris Desa) dan Siti Mustab Siroh (calon Kepala Dusun) yang lolos seleksi namun tak kunjung dilantik.

“Gugatan kami teregister dengan Nomor 58/Pdt.G/2018/PN.Dmk dan Nomor 59/Pdt.G/2018/PN.Dmk. Sebagai tergugat adalah Kepala Desa Tlogopandogan Kecamatan Gajah Kabupaten Demak,” terang kuasa hukum keduanya, Saut Excaverius Sagala dalam keterangan tertulis, Kamis (31/1/2019).

Setelah melalui proses persidangan yang cukup panjang, akhirnya majelis hakim telah membacakan dan menjatuhkan putusan yaitu putusan.

“Intinya menyatakan tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum. Dan klien kami sah secara hukum sebagai sekretaris desa dan kepala dusun di Desa Tlogopandogan Kecamatan Gajah Kabupaten Demak,” imbuh Saut.

Salah satu pertimbangan hukum, majelis hakim menyatakan bahwa Kepala Desa Tlogopandogan telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum oleh penguasa sebagaimana dimaksud dalam pasal 1365 KUHPerdata.

Saga berharap dengan adanya kedua putusan tersebut, kedua kliennya dapat segera dilakukan pelantikan oleh Kepala Desa Tlogopandogan.

“Karena persoalan ini seharusnya tidak perlu berlarut-larut jika Kepala Desa Tlogopandogan bersedia untuk melakukan pelantikan.(*)

Sumber : Tribun Jateng

Bagikan info ini via :

Tinggalkan Komentar