DinPar Demak : 1,7 Juta Wisatawan Kunjungi Demak Pada 2018, Di Dominasi Peziarah

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak mencatat selama tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ke Demak mencapai 1,7 juta. Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang berada di angka 1,6 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Rudi Santosa mengatakan, kebanyakan pengunjung merupakan peziarah yang rutin melakukan kegiatan ziarah walisongo. Mereka berasal dari berbagai daerah baik penduduk Pulau Jawa, luar Jawa, bahkan mancanegara.

“Jumlah wisatawan asing juga mengalami peningkatan dari tahun lalu 805 orang menjadi 1.375 wisatawan,” terangnya didampingi Sutomo, Kabid Pengembangan Daya Tarik Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinparta Demak.

Objek kunjungan paling banyak di dua lokasi wisata religi, yakni Masjid Agung Demak beserta makam raja-raja Kesultanan Demak Bintoro yang berada di kompleks masjid tersebut dan makam Sunan Kalijaga di Kadilangu.

Adapun objek wisata lainnya yang juga mulai mendapat kunjungan adalah Makam Syekh Mudzakir di pantai Morosari Demak, Pantai Istambul (IstanaTambak Bulusan) di Karangtengah serta objek wisata hutan mangrove di wilayah Kecamatan Wedung dan hutan mangrove di Bedono, Kecamatan Sayung serta Desa Babalan.

Menurutnya, jika rencana pembangunan jalan tol Semarang-Demak terealisasi maka akan mendorong peningkatan jumlah wisatawan. Sebab, dapat mempermudah akses transportasi dan mempercepat jarak tempuh.

Sumber : Hasan Hamid, Suara Merdeka

Bagikan info ini via :

Tinggalkan Komentar